Beranda Berita Terkini KPU Sumut Tetapkan Dua Paslon Gubernur di Pigubsu 2024

KPU Sumut Tetapkan Dua Paslon Gubernur di Pigubsu 2024

KPU Sumut
Ketua KPU Sumut, Agus Arifin di dampingi para anggota Komisioner pada penetapan paslon di Pilgubsu 2024. (Foto. Istimewa)

FTNews, Medan – Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara (KPU Sumut) menetapkan pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang berlangsung pada 27 November 2024 mendatang.

Paslon yang ditetapkan adalah Bobby Nasution-Surya diusung oleh partai, Gerindra, Golkar, NasDem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN).

Lalu Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Perindo, Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Dengan menggunakan jumlah perolehan suara sah DPRD Provinsi Sumut pada Pemilu Tahun 2024 sebanyak 5.493.530 suara sah.

Kemudian, paslon Edy Rahmayadi-Hasan Basri Sagala diusung oleh partai, PDI Perjuangan, Partai Gelora, Partai Gelora, Partai Hanura, Partai Ummat dan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) dengan menggunakan jumlah perolehan suara sah DPRD Sumut pada Pemilu Tahun 2024 sebanyak 1.820.883 suara sah.

Penetapan ini berdasarkan hasil pleno KPU Sumut dengan berita acara nomor: 475/PL.02.2-BA/12/2024 yang berlangsung di Kantor KPU Sumut, Jalan Perintis Kemerdekaan, No. 35, Kota Medan, Minggu (22/9).

“Telah ditetapkan dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur sumut, sesuai dengan rapat pleno tertutup yang dilakukan KPU Sumut hari ini,” kata Ketua KPU Sumut Agus Arifin.

Agus mengatakan, rapat pleno penetapan ini dihadiri seluruh Komisioner KPU Sumut, Robby Efendi Hutagalung, Frendianus Joni Zebua, Kotaris Banurea, Raja Ahab Damanik, El Suhaimi dan Sitori Mendrofa.

“Kami informasikan juga besok tanggal 23 September 2204 akan dilakukan kegiatan pengundian dan penetapan nomor urut bagi dua pasangan calon yang kita tetapkan,” ungkapnya.

“Kegiatan dilaksanakan disalah satu hotel di kota medan dan akan dimulai Pukul 20:00 WIB malam,” ujarnya. (Mons)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini