Beranda Berita Terkini Ketua KPU: Pemilu 2024 Berhimpitan dengan Pilkada Membuat Penyelenggara dan Parpol tak...

Ketua KPU: Pemilu 2024 Berhimpitan dengan Pilkada Membuat Penyelenggara dan Parpol tak Istirahat

Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin/Foto: dok KPU
FTNews. Jakarta— Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI terpilih periode 2024–2029 diharapkan dapat memperkuat nilai kebangsaan.

Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Mochammad Afifuddin, melalui keterangan resmi, usai Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Calon Anggota DPR-DPD RI Terpilih Periode 2024–2029 di Jakarta, Sabtu (21/9/2024).

“Harapan kami anggota DPR dan DPD RI terpilih mampu memperkuat nilai-nilai kebangsaan dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap identitas nasional melalui penguatan rasa cinta tanah air dan memahami pentingnya persatuan dalam keberagaman,” kata Afifuddin, dilansir InfoPublik.
Ia mengatakan, proses Pemilihan Umum 2024 berjalan aman dan damai tanpa ada gangguan berarti.

Meski begitu,  pelaksanaan Pemilu 2024 yang beririsan dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 membuat penyelenggara Pemilu maupun partai politik tidak memiliki waktu istirahat.

“Besok ini penetapan calon kepala daerah, hari Minggu. Jadi, karena dampak keserentakan ini penyelenggara Pemilu dan mungkin Parpol tidak ada istirahatnya sama sekali, tahapannya berhimpitan semua,” ujarnya.

Afifuddin mengatakan  terdapat 580 orang calon anggota DPR RI terpilih, yang sebanyak 152 orang di antaranya merupakan anggota baru yang pertama kali menjabat.

“Kami harapkan mampu membina dan membangun rasa memahami dan juga memedomani semangat kebangsaan seluruh elemen kemasyarakatan, bangsa dan negara agar pada masa kini dan juga masa yang akan datang memilih karakter ke-Indonesia-an,” katanya.***

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini