Beranda Berita Terkini Calon Menteri dari PAN: Yandri Susanto Dapat Dukungan Kader-Kader di Daerah

Calon Menteri dari PAN: Yandri Susanto Dapat Dukungan Kader-Kader di Daerah

Waketum PAN Yandri Susanto /foto: tangkap layar

FTNews, Jakarta— Bukan hanya Eko Patrio, sejumlah nama dipersiapkan Partai Amanat Nasional untuk menjadi Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran. Menurut Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, partainya memiliki banyak kader mumpuni yang layak menjadi Menteri.

Zulhas pun lantas menyebut sejumlah nama, di antaranya Yandri Susanto dan Eddy Soeparno.

Hal senada juga disampakan Saleh Partaonan Daulay. Ia menyebut nama Yandri semakin menguat di kalangan internal sebagai salah satu calon Menteri kabinet mendatang. Salah satu dukungan terbesar untuk Yandri datang dari kader-kader di daerah.

“Kader-kader dari daerah memiliki harapan besar pada Yandri. Tapi tentu semua nanti dikembalikan kepada Prabowo sebagai presiden terpilih,” ujar Ketua Fraksi PAN DPR RI.

Nama Yandri diharapkan menjadi calon menteri kabinet Prabowo-Gibran karena dinilai sebagai kader utama PAN yang bergerak dari bawah. “Saya tahu banyak karya Yandri yang cukup berhasil, tidak hanya di PAN, tetapi juga di luar partai. Dia pekerja keras, ulet, tangguh, pantang menyerah, bersahabat, ramah, dan memiliki jaringan yang cukup luas,” ujarnya.

PAN Surplus Kader Berkualitas

Nama-nama kader PAN yang dimunculkan ini tak jauh beda dengan yang diungkap Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno, beberapa hari lalu.

Menurutnya, partai berambang matahari itu surplus kader yang layak. Namun demikian, tegasnya, dirinya merasa yakin 100 persen bahwa yang menjadi Menteri adalah Zulkifli Hasan.

“Ini tidak bisa dibantah oleh siapa pun, mengingat posisinya sebagai Ketua Umum. Selain itu Zulha, saya kira, memang memiliki kapasitas, kemampuan kompetensi dan yang paling penting, posisinya sebagai Ketum partai,” ucap pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, ini.

Ia berkeyakinan bahwa Zulkifli Hasan akan direkomendasikan sebagai salah satu Menteri.

Selain Zulhas, nama lain yang juga dinilai mumpuni adalah Sekjen PAN Eddy Soeparno.

“Eddy Soeparno saya kira memiliki rekam jejak, kompetensi dan kemampuan di atas rata rata terutama di bidang ekonomi dan transisi energi. Apalagi beliau saat ini posisinya Wakil Komisi VII, saya kira beliau memang rekam jejaknya di bidang ekonomi dan energi cukup bisa diandalkan,” papar Adi, seraya menambahkan, dulu Eddy Soeparno dari kalangan professional dan kini menjadi salah satu kader terbaik PAN.

Melihat posisinya saat ini menjadi Sekjen, Adi menilai, Eddy kemungkinan masuk prioritas calon Menteri.

Selain itu, ada juga Viva Yoga Mauladi, Wakil Ketua Umum DPP PAN, juga Yandri Susanto. Keduanya adalah mantan aktivis. Viva Yoga aktivis HMI. Sedang Yandri selain mantan aktivis, dia kini di Komisi VIII DPR dan Wakil Ketua MPR.

“Jadi, selain nama Eko, PAN  memiliki sejumlah tokoh yang bisa disiapkan jika memang mendapat jatah Menteri,” ujar Adi.

PAN lanjut Adi, memiliki hubungan yang sangat baik dengan Prabowo Subianto. Partai ini menjadi salah satu pendukung setia Prabowo sejak lama. Mulai dari Pilpres 2014, 2019 dan sekarang 2024. Tahun 2021, PAN memutuskan bergabung dengan pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin.***

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini