Beranda Berita Terkini Banjir Tanggapan, KPU Serahkan Publik Menilai Debat Capres Perdana

Banjir Tanggapan, KPU Serahkan Publik Menilai Debat Capres Perdana

Tiga Capres masing-masing Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan dalam acara Debat Capres 2024, di Kantor KPU, Selasa (12/12/2023) malam. Foto: Tangkap Layar

FTNews, Jakarta — Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) Hasyim Asy’ari mengaku mendapat banyak tanggapan dari masyarakat terkait debat capres perdana, Selasa 12 Desember 2023 malam.

“Soal debatnya menarik atau tidak, tentu yang bisa menjawab adalah para pemirsa atau publik sendiri,” kata Hasyim kepada awak media di Jakarta, Rabu (13/12/2023).

Hasyim memastikan, suguhan Debat Capres perdana salah satu bentuk usaha terbaik yang sudah dilakukan demi memberikan keyakinan kepada publik terhadap tiga kandidat yang akan dipilih pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Orisinalitas pertayaan dari masing-masing calon presiden tidak bisa di-setting, tidak bisa diprediksi ditanya apa dan dijawab apa. Kita mengikuti bersama pertanyaan yang diajukan masing-masing capres kepada capres lain. Begitu juga saat menjawab. semuanya lugas,” jelas Hasyim.

Hasyim menyadari KPU hanya berikhtiar dan publik dapat menyerap jawaban para capres tadi malam yang bertemakan soal pemerintahan, perlindungan HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi dan penanganan hoaks.

Jadi, lanjut Hasyim, pihaknya hanya berusaha berikhtiar supaya suasana debat atau perdebatan antar calon presiden terhadap tema yang diusung dikupas oleh masing-masing calon presiden, tentun dengan perspekti dan data dari calon presiden masing-masing.

Debat Capres tersebut berdurasi 150 menit dengan total enam segmen. Pada segmen pertama sesi untuk penajaman visi misi yang disampaikan oleh masing-masing kandidat, yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

KPU kembali akan menggelar debat capres dan cawapres pada 22 Desember 2023. Debat ketiga dan keempat diselenggarakan pada 7 dan 21 Januari 2024.

Sedangkan debat terakhir berlangsung pada 4 Februari 2024. Lima kali debat capres-cawapres ini dilaksanakan di Jakarta.

Sesuai dengan yang dijadwalkan KPU, debat capres akan dilangsungkan tiga kali, sedangkan debat cawapres dua kali. Walau begitu, pasangan capres-cawapres harus hadir pada lima kesempatan debat itu.

Sesuai dengan kesepakatan antara KPU dengan tiga Paslon, tema debat pertama meliputi pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Tema debat kedua adalah ekonomi yang mencakup ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan
perkotaan.

Tema debat ketiga adalah pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik. Tema debat keempat adalahpembangunan keberlanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Sedangkan tema debat kelima meliputi kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.***

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini