- Advertisement -Newspaper WordPress Theme
InternasionalPandemi Sadarkan Pentingnya Kemandirian Sektor Kesehatan

Pandemi Sadarkan Pentingnya Kemandirian Sektor Kesehatan



RM.id  Rakyat Merdeka – Pandemi Covid-19 telah membuka mata seluruh pihak tentang pentingnya kekuatan dan kemandirian pada sektor kesehatan. Hal ini membuat negara-negara di dunia, termasuk Indonesia, semakin memprioritaskan sektor kesehatan dengan meningkatkan ketersediaan sarana dan prasarana yang mumpuni.

Ketersediaan rumah sakit di masing-masing kota/kabupaten menjadi hal sangat krusial. Selain itu, ketersediaan tempat tidur serta fasilitas lain seperti Instalasi Gawat Darurat (IGD), Ruang Isolasi, dan Ruang Perawatan Intensif juga perlu diperhatikan lebih lanjut.

Sehubungan dengan hal tersebut, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto telah membuka dan meresmikan Rumah Sakit Citra Arafiq, di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (9/8). “Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, peresmian ini menjadi awal dalam peningkatan kesehatan, khususnya di Kecamatan Bantar Gebang, Bekasi,” tutur Airlangga.

Baca juga : BPIP Dukung Nadiem Terbitkan Permen Pencegahan Kekerasan Di Sekolah

Rumah Sakit Citra Arafiq merupakan rumah sakit umum tipe C atau faskes tingkat dua. Rumah Sakit Citra Arafiq mempunyai kapasitas 180 tempat tidur dengan program unggulan pelayanan kesehatan untuk ibu dan anak.

Berdasarkan data per 6 Agustus 2023, jumlah rumah sakit di Jawa Barat mencapai 399, dengan total tempat tidur sebanyak 57.250. Jumlah ini merupakan terbanyak kedua setelah Jawa Timur, suatu hal yang dapat dikatakan sudah baik namun masih perlu untuk terus dilakukan peningkatan seiring pertambahan jumlah penduduk.

Dengan pembangunan rumah sakit ini, diharapkan dapat memberikan multiplier effect seperti penurunan tingkat pengangguran serta pergerakan sektor UMKM di sekitar rumah sakit yang akan mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah sekitarnya.

Baca juga : Ganjar Tekankan Pentingnya Karakter Pemimpin Dorong Inovasi Dan Cegah Korupsi

“Pembukaan rumah sakit ini selain membawa dukungan untuk fasilitas kesehatan, tentu mempekerjakan para ahli, para dokter, dan tentunya ini lokasinya dekat dengan TPA (Tempat Pembuangan Akhir), sehingga sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan masyarakat,” ujar Airlangga.

Pembukaan rumah sakit menjadi wujud nyata kepedulian untuk meningkatkan akses terhadap fasilitas kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat sekitar dan dapat memberi manfaat untuk kehidupan masyarakat yang lebih sehat dan bersih.

“Rumah sakit dapat dibangun karena kita punya sistem kesehatan dengan BPJS Kesehatan. Sehingga dengan BPJS Kesehatan, rumah sakit tipe C dan tipe B bisa terbangun karena sudah jelas siapa yang harus dirawat dan masyarakat juga tidak harus pergi jauh untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Tentunya dengan melibatkan swasta dalam sistem BPJS Kesehatan, ini adalah sebuah kerja sama yang sangat ideal dan dibutuhkan oleh masyarakat,” pungkas Airlangga.


Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News


Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram “Rakyat Merdeka News Update”, caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.





Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exclusive content

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme

Latest article

More article

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme