- Advertisement -Newspaper WordPress Theme
InternasionalKabupaten Muba Contoh Sukses Pemberdayaan SDM Lokal Sektor Migas

Kabupaten Muba Contoh Sukses Pemberdayaan SDM Lokal Sektor Migas



RM.id  Rakyat Merdeka – Tak hanya dinilai berhasil dalam pemberdayaan SDM di sektor perkebunan, namun Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) juga dinilai berhasil dalam pemberdayaan SDM lokal di sektor migas.

Hal ini juga konkrit direalisasikan Pemkab Muba dengan keberadaan Muba Vocational Center (MVC) atau pusat pelatihan dan sertifikasi Migas Terintegrasi.

Ini disampaikan Pj Bupati Apriyadi Mahmud saat menjadi keynote speaker kegiatan Pra-Forum Kapasitas Nasional Kegiatan Hulu Migas di Wilayah Sumatera Bagian Selatan Tahun 2023 yang digelar oleh SKK Migas di Hotel Novotel Palembang, Selasa (8/8).

Baca juga : Ganjar Ingatkan Gen Z-Milenial Manfaatkan Peran Dengan Maksimal Di Era Digital

Pra Forum kapasitas Nasional 2023 Wilayah Sumbagsel ini hadir juga, Gubernur Jambi, Kepala SKK Migas , Prof. Dwi Soetjipto, kepala perwakilan SKK Migas Sumbagsel, Anggono Mahendrawan, Bupati Tanjabbar, Anwar Saddat.

“Jadi MVC ini merupakan kawasan terpadu di bawah pengelolaan Pemerintah Daerah Kabupaten Musi Banyuasin melalui Disnakertrans Muba yang merupakan pusat Vokasi dan memadukan kebutuhan pasar industri migas terintegrasi serta penguatan daya saing daerah,” ungkap Pj Bupati Apriyadi.

Dikatakan, upaya pemberdayaan SDM lokal melalui MVC tersebut tidak terlepas dari sinergi Pemkab Muba bersama SKK Migas yang di inisiasi sejak era Bupati Dodi Reza Alex.

Baca juga : Kemenag Genjot Kapasitas Penyuluh KUA Pemberdayaan Ekonomi Umat

Ada pun kerja sama atau sinergi yang dilakukan di antaranya high impact learning sekaligus high quality program dalam penyelenggaran pelatihan tenaga kerja industri migas melalui PPM, Sinergi rekrutmen tenaga kerja lokal dalam pengembangan pusat pelatihan dan sertifikasi migas, lalu sinergi dalam pengadaan barang dan jasa dengan memanfaatkan kandungan lokal melalui program vendor day.

Kepala Divisi SDM SKK Migas, Daniel Kurnianto mengapresiasi keberadaan MVC di Kabupaten Muba yang konkrit dan nyata dalan realisasi pemberdayaan tenaga kerja lokal dan SDM di sektor migas.

“Muba menjadi contoh keberhasilan pemberdayaan tenaga kerja lokal atau SDM di sektor migas merupakan commitment to excellence dari seorang pemimpin daerah,” ungkap dia.

Baca juga : Himpo Jabar-Banten: Pemberian Pupuk Subsidi Dapat Majukan Sektor Pertanian

Kepala SKK Migas Perwakilan Sumbagsel Anggono Mahendrawan, keberadaan MVC menjadi percontohan realisasi nyata pemberdayaan SDM di sektor migas.

“Semoga sinergi SKK Migas bersama Pemkab Muba terus berjalan maksimal dan memberikan kontribusi positif untuk daerah dan masyarakat,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati Apriyadi Mahmud turut didampingi Asisten lI Setda Pemkab Muba Andi Wijaya Busro, Kepala Disnakertrans Muba Mursalin, Kepala Dinkominfo Herryandi Sinulingga, Plt Kepala Bappeda Sunaryo, Kabid Komunikasi Publik Kominfo Kartiko Buwono, dan Plt Kabag Prokopim Agung Perdana.


Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News


Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram “Rakyat Merdeka News Update”, caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.





Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exclusive content

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme

Latest article

More article

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme