- Advertisement -Newspaper WordPress Theme
InternasionalHUT Tokopedia, UMKM Catat Pertumbuhan Usaha Yang Meroket

HUT Tokopedia, UMKM Catat Pertumbuhan Usaha Yang Meroket



RM.id  Rakyat Merdeka – Memasuki usia 14 tahun pada 17 Agustus 2023 mendatang, Tokopedia, sebagai perusahaan teknologi Indonesia sekaligus bagian dari grup GoTo, terus berupaya mempermudah masyarakat memenuhi berbagai kebutuhan.

Saat ini, sudah ada lebih dari 1,8 miliar produk terdaftar di Tokopedia yang bisa dijangkau oleh masyarakat di 99 persen kecamatan di Indonesia.

“Tokopedia Traktir Ultah sepanjang bulan Agustus 2023, hadir untuk apresiasi pengguna. Sebagai bagian dari kampanye, Tokopedia men-diskon biaya jasa aplikasi menjadi Rp1.000 dan menawarkan beragam promo yang bisa membuat belanja online masyarakat menjadi lebih efisien,” ungkap Direktur Corporate Affairs Tokopedia, Nuraini Razak dalam keterangannya, Senin (7/8).

Selain itu, sederet program seperti Hyperlocal dan kolaborasi, masih menjadi program andalan untuk mengembangkan pelaku usaha yang bergabung di Tokopedia.

Baca juga : HUT Ke-52, ASABRI Komit Patuh Kelola Perusahaan Dan Pelayanan Publik

Chief Experience Officer Tuku Astrella Siahaya mengatakan awalnya Tuku hanya fokus berjualan di toko. Platform belum jadi pilihan karena budaya ngopi di warung atau kafe masih terjadi.

“Waktu pandemi datang, ngopi langsung di toko itu dilarang dan sangat berdampak pada bisnis Tuku. Tokopedia jadi penyelamat, Tokopedia bersama pemerintah membuat kampanye #SatuDalamKopi pada April 2020, dan di momen itulah Tukucur, kopi literan lahir dan perdana dijual lewat Tokopedia,” kenang Astrella.

Kini, semakin berkembangnya bisnis, Tuku bercita-cita menjadi lokomotif industri kopi Indonesia agar bisa makin maju dan berkembang dari hilir sampai hulu.

Ada juga cerita dari toko sepatu Kanky yang kini memiliki pabrik di Surabaya dengan memberdayakan lebih dari 300 perajin.

Baca juga : Menhan Minta KKIP Rekomendasikan Belanja Pertahanan Yang Untungkan Ekonomi

 “Sejak membuka toko di Tokopedia pada akhir tahun 2021, Kanky bisa menjangkau pelanggan di seluruh wilayah Indonesia. Penjualan Kanky juga meningkat berkat fitur seperti flash sale serta berbagai kampanye di Tokopedia,” tambah Creative Director Kanky, Brian Notodihardjo.

Serta Nanik Soelistiowati mendirikan Pisang Goreng Madu Bu Nanik pada 2007. Usaha yang berbasis di Jakarta ini, kini mampu menjual produknya hingga ke seluruh daerah di Indonesia.

“Di Tokopedia, kami memperbanyak produk. Bukan hanya gorengan, tetapi juga produk oleh-oleh khas Nusantara. Berkat Tokopedia dan mitra logistiknya, Pisang Goreng Madu Bu Nanik bisa memperluas jangkauan pengiriman ke seluruh Indonesia dan tentu meningkatkan penjualan,” ujar Nanik.

Selain itu, pemilik usaha fashion Thenblank yang menjadikan Tokopedia sebagai partner kolaborasi, mampu mengembangkan produk-produk terbarunya.

Baca juga : Di G20 India, Menteri Siti Paparkan Solusi Perubahan Iklim Dan Soal Lingkungan

“Bergabung dengan Tokopedia Mei 2018, peluang makin banyak terbuka. Tokopedia menjembatani kolaborasi kami dengan Opa Oma Bagio dalam peluncuran koleksi ‘First Love’, ini meningkatkan omzet secara signifikan,” jelas Founder Thenblank Mutiara Kamila Athiyya.

Brand kecantikan Luxcrime yang memiliki 35 karyawan dimana 90 persen perempuan. Dan, merek parfum Saff & Co, yang membuat hobi menjadi peluang bisnis, kini makin melenggang di industri parfum lokal.


Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News


Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram “Rakyat Merdeka News Update”, caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.





Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exclusive content

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme

Latest article

More article

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme